Menuju Smart Desa Dengan Software Desa Indonesia

wallpapersoftwaredesa

Menuju Smart Desa Dengan Software Desa Indonesia

 

Sistem Informasi Desa adalah proses dan aplikasi yang Berbasis komputer Mengelola informasi kantor desa

Mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset, pengelolaan anggaran, layanan publik, dsbnya

Dengan pengertian ini, jenis aplikasi yang tercakup dalam “Sistem Informasi Desa” suatu desa bisa saja lebih dari satu: misalnya OpenSID untuk pengelolaan data kependudukan, SISKEUDES untuk mengelola keuangan desa, aplikasi lain untuk mengelola BUMDes, dsbnya.

Manfaat dan Peranan Sistem Informasi Desa

  1. Kantor desa lebih efisiendengan memakai OpenSID, kantor desa dapat menyediakan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dibandingkan cara manual.
  2. Kantor desa lebih efektifkarena SID menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor desa dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran.
  3. Pemerintah desa lebih transparanDengan SID, pemerintah desa dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga.
  4. Pemerintah desa lebih akuntabelDengan adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana desa dsbnya di dalam SID yang mudah diakses warga, pemerintah desa akan dituntut untuk lebih akuntabel.
  5. Layanan publik lebih baikdengan SID kantor desa akan lebih efisien dan lebih efektif dalam melakukan fungsi dan tugas mereka
  6. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desaDengan SID, informasi kependudukan, perencanaan, asset, anggaran dsbnya akan terrekam secara elektronik.
  7. Warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desaWarga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *