Info Terbaru : Bimbingan Teknis Software Koperasi Desa & Software LKMS Desa Terpadu

20160327_141500

Pada tanggal 27 Maret 2016 telah diadakan Bimbingan Teknis Software Koperasi Desa & Software Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Desa Terpadu di Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara. Koperasi desa merupakan salah satu bagian dari jenis koperasi berdasarkan keanggotaannya. Koperasi unit desa menyediakan kebutuhan pertanian untuk masyarakat pedesaan. Yang boleh menjadi anggota koperasi unit desa adalah masyarakat setempat. Hasil dari usaha koperasi ini adalah sistem bagi hasil antar sesama anggota dan sedikit persenan dari hasil tersebut menjadi hak desa. Dan sistem bagi hasil tidak ada unsur yang saling merugikan bahkan saling menguntukan tanpa memberikan beban yang lebih berat. Hal inilah yang akan menjadikan masyarakat desa semakin erat rasa kekeluargaan nya untuk saling berbagi dan menyayangi kepada warga masyarakat yang lainnya dengan tidak mengurangi hak warga yang lainnya.

20160327_141058

Secara umum LKMS adalah lembaga keuangan yang berada di bawah payung hukum Negara kesatuan Repunlik Indonesia

Secara khusus LKMS merupakan lembaga keuangan yang berorientasi pada upaya peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Lahirnya lembaga keuangan mikro syariah di Indonesia merupakan salah satu jawaban melihat perkembangan perbankan syariah yang masih terpusat kepada masyarakat menengah ke atas. Faktanya, LKMS telah tumbuh menjadi alternatif pemulihan kondisi perekonomian di Indonesia, khususnya sebagai partner para pengusaha kecil dalam penyediaan modal.

Lembaga Keuangan Mikro Syariah juga merupakan kelompok swadaya masyarakat sebagai lembaga ekonomi rakyat yang berupaya mengembangkan usaha-usaha produktif dan investasi dengan berdasar prinsip syariah.

20160327_142419

LKMS merupakan kelompok swadaya masyarakat sebagai lembaga ekonomi rakyat yang berupaya mengembangkan usaha-usaha produktif dan investasi dengan berdasar prinsip syariah untuk meningkatkan kualitas ekonomi pengusaha kecil dalam upaya pengentasan kemiskinan. Berdasarkan definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa LKMS adalah Suatu lembaga keuangan mikro yang menggabungkan unsur profit motive dan unsur nirlaba (sosial) dalam kegiatan usahanya yang dijalankan sesuai dengan ketentuan syariah.

Sifat usaha LKMS yang berorientasi pada bisnis dimaksudkan supaya pengelolaan LKMS dapat dijalankan secara profesional, sehingga mencapai tingkat efisiensi tertinggi. Dari sinilah LKMS akan mampu memberikan bagi hasil yang kompetitif kepada deposannya serta mampu meningkatkan kesejahteraan para pengelolahnya sejajar dengan lembaga lainnya. Sedangkan aspek sosial LKMS berorientasi pada peningkatan kehidupan anggota dan masyarakat sekitar yang membutuhkan.

20160327_145400

Adanya LKMS diharapkan dapat meningkatkan pendapatan keluarga, dengan demikian permasalahan ekonomi dapat diatasi, yang pada akhirnya secara tidak langsung warga desa telah Membangun bank desa secara mandiri dengan system syariah atau bagi hasil murni, ini adalah suatu inovasi besar dan nyata dalam mengahadapi ekonomi MEA ( masyarakat ekonomi Asia) atau pasar bebas Asia.

Masalah kemiskinan bukanlah satu-satunya masalah dalam kehidupan kita bersama, namun terkadang sering dijadikan alasan pembenaran dalam setiap prilaku negatip oleh orang yang berprilaku tidak disiplin, tidak mau bersyukur dan tidak bertanggung jawab. Tugas kita adalah berusaha agar kemiskinan itu setidaknya bisa di urai sedikit demi sedikit, sehingga suatu saat kita akan di kenang melalui tinta emas sejarah keabaikan di tengah-tengah masyarakat, terutama di bidang ekonomi syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *