Info Terbaru : Bimbingan Teknis SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN BUMDES Ver 7.05

20160327_091347

Pada tanggal 27 Maret 2016 telah diadakan Bimbingan Teknis SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN BUMDES Ver 7.05 di Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara. Badan Usaha Milik Desa yang ada di Kabupaten Asahan sangat antusias mengikuti Bimbingan Teknis SISTEM INFORMASI  AKUNTANSI KEUANGAN BUMDES Ver 7.05 agar BUMDES yang mereka miliki mampu memberikan satu hal yang positif bagi perkembangan Desa mereka. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus melakukan pencatatan atau pembukuan yang ditulis secara sistimatis dari transaksi yang terjadi setiap hari. Pencatatan transaksi itu umumnya menggunakan sistem akuntansi. Fungsi dari akuntansi adalah untuk menyajikan informasi keuangan kepada pihak internal dan eksternal dan sebagai dasar membuat keputusan. Pihak internal BUMDes adalah pengelola dan Dewan Komisaris, sedangkan pihak eksternal adalah Pemerintah Kabupaten, Perbankan, masyarakat yang memberikan penyertaan modal, dan petugas pajak.

bumdes_1

20160327_094012

Secara umum tujuan dilakukannya pembukuan BUMDes adalah:

  1. Untuk mengetahui perkembangan perusahaan dari waktu ke waktu, baik perkembangan omzet penjualan, laba/rugi maupun struktur permodalan.
  1. Untuk mengetahui kemungkinan kerugian sejak dini, sehingga gulung tikar bisa dihindari.
  1. Untuk mengetahui kondisi persediaan barang/jasa setiap saat. Sehingga dapat digunakan untuk menyusun strategi manajemen persediaan. Pada unit usaha dagang yang disebut persediaan adalah barang dagangan. Pada unit usaha industri adalah persediaan bahan mentah, barang dalam proses maupun barang jadi, Sedang pada unit simpan pinjam adalah persediaan uang.
  1. Untuk mengetahui sumber dan penggunaan dana BUMDes, sehingga bisa mengevaluasi kinerja keuangan BUMDes seperti likuiditas, solvabilitas maupun rentabilitas perusahaan.

20160327_094007

20160327_091403

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN BUMDES Ver 7.05 merupakan aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Keuangan BUMDes Ver 7.05 yang dibangun berbasis web dengan bahasa pemograman PHP serta menggunakan database MySQL, sehingga menjadikan aplikasi ini ringan dan dapat dengan mudah diinstalasi dan digunakan. Aplikasi ini juga mampu dijalankan melalui jaringan intranet maupun jaringan berbasis client server serta jaringan berbasis online internet. Aplikasi ini dikembangkan untuk mendorong terbangunnya keterbukaan informasi publik di Indonesia terkhusus lagi bagi BUMDes.

Untuk Informasi Lebih Lanjut tentang SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN BUMDES Ver 7.05 : Hubungi AGUS (081361280493)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *